Es Teh



Jakarta - Es teh jadi salah satu minuman paling populer sebagai penutup santapan. Minuman ini mengandung banyak antioksidan dan nutrisi untuk kesehatan tubuh dan kulit. Untuk racikan es teh sehat, Anda bisa menerapkan trik ini.

Tak asal diseduh, senyawa kimia di dalam teh bisa hilang. Sebelum membuatnya, perhatikan dulu beberapa tahapan ini.


1. Gunakan teh segar
Usahakan gunakan teh segar, karena minyak yang memberikan rasa khas teh bisa rusak seiring dengan waktu. Pilih teh tubruk dibanding teh dalam kantong untuk memaksimalkan rasa. Jika ingin praktis pilih teh dengan kantong berbentuk piramida sehingga daun bisa dibiarkan mengembang.
2. Gunakan air murni
Air ternyata mempengaruhi rasa dan kandungan dalam teh. Air kaya mineral bisa menyebabkan rasa teh menjadi tidak menonjol saat bersentuhan dengan senyawa dari daun tehe. Sebaliknya air murni yang tidak berbau bisa membuat ras teh lebih enak.
3. Sesuaikan suhu teh
Gunakan air mendidih (100 derajat celcius) untuk menyeduh teh hitam, herbal, dan oolong. Tapi, gunakan air 77-82 derajat celcius untuk teh hijau, putih, dan teh oolong berwarna cerah. Kesalahan dalam tahap ini bisa menghasilkan teh dengan rasa terlalu pahit
4. Gunakan teh dalam jumlah cukup
Untuk teh dengan daun atau bunga lebih besar, seperti teh hijau atau chamomile masukkan satu setengah hingga dua sendok teh per 237 ml air. Sementara teh hitam yang lebih pekat cukup masukkan satu sendok teh daun teh.
5. Diamkan teh sejenak
Teh yang lebih pekat harus didiamkan tiga hingga lima menit, sementara teh hijau dan putih hanya perlu waktu dua hingga tiga menit. Setelah teh cukup dingin, masukkan ke dalam kulkas dan tambahkan es batu saat ingin disajikan.
6. Racikan teh lebih sehat
Maksimalkan kandungan flavonoid dengan meminum teh yang baru diseduh. Jika Anda ingin menyimpan satu pitcher teh dalam kulkas, masukkan sedikit air jeruk lemon. Karena kandungan asam sitrat dan vitamin C didalamnya bisa membantu menjaga kandungan flavonoid.

Tidak ada komentar: