Peluang Berbisnis Melalui Internet di Era Globalisasi

Lagi mau memulai bisnis? Sekarang ini, salah satu cara yang cukup menjanjikan untuk bisnis ya lewat internet. Banyak tuh yang sudah terbukti sukses di bidang ini. Saya sendiri juga memiliki bisniss yang mengandalkan internet. Bisa di lihat tuh banner di sebelah kanan atas dan bawah. Dari bisniss ini saja Alhamdulillah sudah bisa buat beli susu anak, bayar kartu kredit & lainnya. Belum bisa dibilang sukses sih, tapi lumayan lah untuk seorang Ibu rumah tangga yang bangun jam 5 pagi dan untuk mengurusi anak, suami dan Rumah .

Mengapa sih saya lebih memilih bisniss online? Sebenarnya alasannya sangat banyak kenapa saya terjun di bidang ini. Berikut alasannya ya.


  • Anda Bisa Kerja Dimanapun, Tak Terbatas Ruang
Anda bisa menjalankan bisnis internet dimana aja dan kapan saja. Seperti kemaren waktu saya jalan jalan ke kampung halaman di hari raya. Dengan hanya berbekal HP dan Blackberry saya masih bisa menjalankan bisniss ini. Bahkan waktu saya mengantar anak dan menungguinya disekolah pun saya masih bisa menjalankan bisnis ini.
  • Berjalan Otomatis
Saat anda mempunyai website atau mungkin toko online, dan web anda bisa diakses maka bisnis anda dapat berjalan. Bisa dibilang anda cukup bekerja saat membangun sebuah website. Setelah website atau toko online anda jadi, anda tinggal tunggu order aja dimanapun dan kapanpun. Ga bisa membuat toko online sendiri? sama seperti saya, saya ikut gabung disalah satu bisniss online dan mendapatkan web Replika.
  • Pangsa Pasar Yang Luas
Toko Online / Website yang baik haruslah mudah di akses, dan terindex dengan baik pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Jika website anda sudah terindex dengan baik bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan order bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.
  • Biaya Operasional Yang Relatif Murah
Jika dibandingkan dengan bisnis offline, biaya operasional bisnis online jauh lebih murah. Anda bayangkan jika anda menyewa ruko untuk toko di lokasi yang strategis, maka untuk biaya sewanya saja sudah cukup mahal. Di internet selain biaya pembuatan awal, maka biaya yang dibutuhkan hanya untuk domain dan hosting. Biaya sewa domain per tahun hanya sekitar 85 ribu, itu utnuk  ekstensi .com .org dan .net kurang lebih sama. Kalo mau pake .web.id  malah lebih murah lagi. Hosting anda bisa dapatkan mulai 100 ribuan setahun. Jadi, biaya kontrak toko anda di internet per tahun ga sampai 500 ribu tuh. Dengan operasional segitu anda sudah berpeluang memiliki bisnis yang go internasional. Mantab kan?
  • Dekat Dengan Keluarga
Nah yang ini favorit saya nih, bisnis online tidak menuntut anda untuk keluar rumah. Anda bisa berbisnis hanya dirumah saja. Saya, seorang Ibu Rumah tangga dengan Suami yang bekerja di salah satu perusahaan swasta. saya bisa banyak bermain bersama anak dan melihat perkembangan sang buah hati setiap saat. saya tidak mau hanya menerima duit dari suami tanpa melakukan usaha tambahan, sebetulnya kebutuhan tanpa usaha ini pun bisa tercukupi tapi saya tidak bisa diam saja. 
Sebenarnya masih banyak kelebihan kelebihan memiliki bisnis online dibanding berbisnis offline. Tapi kali ini 5 dulu ya, mungkin lain kali kita bahas lagi yang lebih komplit tentang bisnis online.


Dari tadi kita bahas kelebihannya, mungkin ada yang bilang, lha saya kan ga bisa bikin website/ toko online, bikin website / toko online itu kan butuh skill pemrograman yang bagus? Sebenarnya ada benernya juga sih, tapi sekarang ini bikin website udah relatif gampang. Banyak cms (content management system) yang bisa anda pilih sesuai minat anda. Saya sendiri lebih senang menggunakan cms wordpress atau Blogspot.

Sebenarnya masih banyak CMS lain seperti joomla, Drupal dsb. Kalo masih kesulitan anda pesen aja ama yang biasa bikin website.

Kalau saya sih ikut di salah satu bisniss online d'BC Network sambil belajar lebih jauh mengenai Internet Marketing dan lain lain. Itulah peluang berbisnis di Internet, tinggal anda mau memanfaatkannya atau tidak.




Sumber : http://argo.web.id/2012/peluang-berbisnis-melalui-internet-di-era-globalisasi.html

Tidak ada komentar: